Polisi Tangkap Satu Pelaku Pembakaran Hutan

WASPADA NEWS

MUARA ENIM-Anggota Gabungan Polres Muara Enim menangkap satu pelaku pembakaran hutan dan lahan bernama Adi Saputra (33) di Jalan Lintas Desa Purun, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI, tepatnya di depan pemakaman umum (14/10).

Tersangka diduga sengaja membakar lahan seluas lebih dari satu hektar di areal lahan milik salah satu warga Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten PALI.

Penangkapan pelaku berawal dari anggota Polsek Penukal Abab melakukan patroli diseputaran wilayah hukum Polsek Penukal Abab, setiba dilokasi anggota melihat ada orang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan yang dilakukan oleh Adi Saputra, dengan cara menebang pohon dan dikumpulkan beberapa titik kemudian dibakar oleh pelaku.

Bahwa pelaku melakukan pembakaran tersebut sudah dilakukan sejak 2 minggu yang lalu dan pada saat kejadian asap terlihat pekat. Setelah lahan bersih rencananya lahan tersebut akan di tanami tanaman semangka oleh pelaku.

Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH Sik MH melalui Kasat Reskrim Polres Muara Enim AKP Dwi Satya Arian Sik MH membenarkan atas adanya penangkapan pelaku karhutla tersebut.

“Tersangka diamankan anggota gabungan pers unit Pidsus Satreskrim Polres Muara Enim dan Polsek Penukal Abab melakukan olah TKP dan mengamankan pelaku serta barang bukti ke Polres Muara Enim guna proses lebih lanjut,” kata Kasat Reskrim kamis (17/10/2019).

Polisipun menyita sejumlah barang bukti berupa, 1 buah derigen berisikan bahan bakar minyak sebanyak 2 liter, 1 buah derigen berisikan oli bekas sebanyak 2 liter, 1 unit mesin chain saw merk Motoyama 9900 warna hitam, 1 buah korek api warna merah dengan merk M2000 jenis senter, 1 buah tali seling dengan panjang 7 meter, 1 buah tali tambang dengan panjang 7 meter dan 5 sampel ranting kayu yang terbakar.

“Pelaku dikenakan Pasal 187 ayat 1 KUHP, karena dengan sengaja menimbulkan kebakaran dan membahayakan bagi umum,” pungkasnya.(Angkasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *