Tim Puslitbang Mabes Polri Berkunjung ke Polres Prabumulih

WASPADA NEWS

PRABUMULIH-Tim Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Polri Mabes Polri berkunjung ke Polres Prabumulih, kamis (12/09/2019).

Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri ini untuk melakukan penelitian efektivitas sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) dalam layanan kepolisian di Polres Prabumulih.

Tim Puslitbang Mabes Polri Ini dipimpin oleh Kombespol Guntur Setyant MSi bersama Anggota Tim meninjau lokasi pelayanan, untuk memastikan sejauh mana pelayanan publik di Polres Prabumulih melalui portal/website di wilayah Polres Prabumulih.

Kombespol Guntur, saat meninjau pelayanan SPKT Terpadu menyarankan kepada personel polres agar melaksanakan kegiatan SPKT Terpadu sesuai dengan prosedural dan perundangan yang berlaku dalam pelayanan terpadu.

Hasil monitoring dan evaluasi, bahwa eksistensi keberadaan Command Center belum terstruktur dalam SOTK Polri, command center belum maksimal memberi kontribusi terhadap fungsi2 opsnal dalam pelayanan masyarakat terutama melalui SPKT dan SPKT terkendala birokrasi, sarpras dan lain-lain, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang Efektivitas SPKT dalam Layanan Kepolisian.

Adapun Output dari penelitian ini adalah:
a. Struktur organisasi SPKT yg tepat
b. Rincian dan penjabaran HTCK antara Kasatwil, Karo/Kabag Ops, SPKT, Piket Fungsi dan Command Center
c. Memasukkan fungsi dan peran Command Center dalam struktur
Desain struktur SPKT yang mempunyai gugus rentang kendali yang sederhana namun berdayaguna tinggi.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan : FGD, observasi dan pengumpulan dokumen di Polres, FGD dengan Ka/Waka, Kabag Ops, para Kasat Fungsi , Ka SPKT & anggota dan masyarakat yang sedang dalam pelayanan SPKT.

Apalagi pelayanannya yang dilaksanakan secara bersatu, bersama-sama tergabung beberapa fungsi antara lain, fungsi SPK, Intel Reskrim, Sat Lantas dan Identifikasi yang dilengkapi dengan sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sarana Pendukung lainnya.

“Diharapkan kinerja SPKT Terpadu bisa lebih efektif, efesien dan profesional sesuai dengan Hubungan Tata Kerja Kepolisian (HTKP),” tegas Kombespol Guntur dihadapan jajaran Polres Prabumulih.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutahuruk Sik MH, Para Pejabat Utama dan Perwira Serta Personil Polres Prabumulih sangat berterimakasih atas kunjungan dari Mabes Polri ke Polres Prabumulih.

“Adanya kunjungan ini membuat bertambah semangat seluruh jajaran Polres Prabumulih akan pelayanan bagi masyarakat kota Prabumulih khususnya dan pada umumnya Sumatera Selatan,” singkat Kapolres.(Angkasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *