Randy Percayakan JKN untuk Lindungi Keluarganya

PRABUMULIH, WASPADANEWS – Setiap orang tentu ingin selalu merasakan hidup sehat sehingga bisa beraktivitas tanpa kendala, apalagi jika orang tersebut merupakan tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, jaminan kesehatan pun selalu menjadi prioritas Randy Pradityo (31). Dalam melindungi keluarganya, ia mempercayakan pilihannya kepada Program JKN yang dikelola BPJS Kesehatan.

“Saya sudah lama menjadi peserta JKN. Hal itu saya lakukan sebagai bentuk antisipasi. Jadi kalau suatu saat saya atau keluarga ada yang jatuh sakit, sudah ada yang menjamin biaya pelayanan kesehatannya,” ungkap Randy belum lama ini.

Randy mengatakan, pelayanan di era JKN jauh lebih baik daripada sebelumnya. Apalagi kini peserta mendapat kepastian pelayanan JKN hingga keluar daerah domisili. Bahkan hingga saat ini, keluarganya telah beberapa kali menggunakan fasilitas JKN untuk berobat ketika tengah berada di luar kota. Menurutnya, tak ada kendala sedikit pun yang ia temui ketika memanfaatkan haknya sebagai peserta JKN.

“Beberapa tahun yang lalu, istri saya melahirkan anak kami dan semua biayanya aman dijamin JKN. Mulai dari pemeriksaan sampai pasca-persalinan, semua biaya pelayanan kesehatannya ditanggung BPJS Kesehatan. Pelayanannya juga sangat baik. Dengan menjadi peserta JKN, kita tidak pusing lagi memikirkan biaya persalinan. Uangnya pun bisa digunakan untuk kebutuhan si kecil nantinya. Program JKN memang sungguh membantu sekali,” kata Randy.

Randy juga menyadari menjadi peserta JKN merupakan salah satu bentuk gotong royong, di mana peserta yang sehat membantu yang sedang sakit, yang kaya membantu yang miskin ataupun sebaliknya. Karena begitu bermanfaat, ia pun berharap agar Program JKN berjalan terus ke depannya. Oleh karena itu, ia berpesan agar peserta JKN dapat selalu rutin membayar iuran. Pasalnya, dengan memastikan kepesertaan JKN aktif, maka peserta memiliki jaminan finansial untuk berobat.

“Program ini bagi saya sangat manusiawi. Semua saling membantu ketika ada peserta JKN lain yang sedang sakit atau membutuhkan. Iuran kita digunakan untuk membantu saudara kita. Kalau dulu banyak orang yang sakit, bingung mau berobat ke mana. Sekarang, kalau sudah jadi peserta JKN, kita sudah tahu mau berobat kemana tanpa khawatir, sebab semua sudah diatur alurnya,” ucapnya.

Pesan terakhir Randy, selain mendaftarkan diri dan keluarganya ke dalam Program JKN, masyarakat juga perlu menjaga kesehatan dan pola makan, serta rutin berolahraga agar tidak mudah sakit. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *