Tingkatkan Pengembangan Pangan Nasional Pj Bupati Siap Dampingi

MUARA ENIM, WN – Sukseskan ketahanan pangan nasional dan pengembangan komoditas jagung di Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Muara siap melakukan pendampingan, pemeliharaan dan pengembangan tanaman jagung di lahan milik Polres Muara Enim melalui perjanjian kerja sama guna mendukung terwujudnya pengembangan komoditas jagung dan menjadikan Kab. Muara Enim sebagai kawasan Food Estate lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., bersama Kapolres Muara Enim, AKBP. Aris Rusdiyanto, S.I.K., M.Si., pada Rabu (20/04) di lahan seluas 1 hektar milik Polres Muara Enim yang rencananya nanti digunakan sebagai lokasi Rumah Sakit Bhayangkara II, Jalan Transad, Tebing Taik Sapi, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muara Enim.

Dalam sambutannya, Pj Bupati menargetkan produksi jagung di Kabupaten Muara Enim tahun 2022 ini dapat mencapai 6.223 ton pipilan kering, dengan sasaran luas panen 1.440 hektar dan produksi rata-rata 43,2 kwintal perhektar. Luas panen padi di Kabupaten Muara Enim sampai dengan bulan Maret 2022 tercatat sekitar 315 hektar dengan produksi 1.360 ton.

Pada tahap awal ini, Pj. Bupati menjelaskaan bahwa penanaman dilakukan pada lahan seluas 1 hektar, dirinya berharap kedepan kegiatan ini akan menginisiasi semakin banyak pengembangan dan penumbuhan luas tanam jagung melalui pola serupa di lahanlahan milik Polres lainnya.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya instansi terkait dan perusahaan yang ada agar berperan aktif dalam mendukung terciptanya akses pasar bagi komoditas jagung dan tanggap terhadap kebutuhan sarana maupun prasarana pengembangan jagung seperti sarana irigasi, peralatan dan mesin pertanian.

Pj. Bupati berharap semoga usaha semua untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani sehingga bermuara pada terwujud ketahanan pangan di Kabupaten Muara Enim yang selaras dengan cita-cita Gubernur dapat tercapai. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *