Kades Sukamaju: Bank Sampah Berkah Karya Siap Menjadi Mitra dan Market Place Masyarakat

WASPADA NEWS

Muba – Antusias peserta ikuti Lomba Kreasi Sampah menggunakan bahan bekas atau limbah cukup banyak dan masing-masing produk yang dihasilkan bernilai ekonomi tinggi mampu bersaing dipasaran, BankSampah Berkah Karya siap menjadi mitra serta Market Place. Selasa, (15/12/2020).

Ayatullah Komayni A.Md Direksi Bank Sampah Berkah Karya Sekaligus Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat dalam sambutannya pada saat membuka lomba mengatakan kegiatan ini adalah stimulus kepada masyarakat dan penjaringan kepada karya-karya masyarakat yang miliki nilai ekonomi tinggi.

“Kegiatan ini sebagai stimulus ekonomi masyarakat melalui Bank Sampah Berkah Karya produk-produk kreasi masyarakat bisa dipasarkan tentunya dari barang-barang bekas atau limbah. Kami yakin dari sampah ini akan tumbuh pengrajin-pengrajin baru dan produk yang dihasilkan mampu bersaing dari kualitas dan harga” Kata Kades Ayatullah.

Tidak hanya itu masyarakat diharapkan dapat mengelola sampah rumah tangga agar bisa miliki nila jual dan bekerja sama dengan Bank Sampah Berkah Karya.

“Kami siap menjadi promotor dan juga market place bagi produk-produk hasil kreasi masyarakat yang kualitasnya bagus untuk dipromosikan. Seperti produk kursi dari ban bekas, peralatan rumah tangga dari sisa kayu meubel, tempat air minum dari plastik kemasan air mineral dan masih banyak lagi kami lihat sangat potensial. Insyaallah kita akan bantu promosikan hasil karya masyarakat” imbuh Kades.

Bank Sampah Berkah Karya berdiri belum genap satu bulan, tengah ciptakan terobosan baru selain mengajak masyarakat dan pelaku usaha menabung sampah guna peningkatan ekonomi masyarakat, BSBK juga menjadi market disiapkan menjadi market place masyarakat amdan pengrajin untuk mempromosikan produknya.

Direktur Bank Sampah Berkah Karya Muhammad Sudibyo mengungkapkan timnya akan berusaha terus menerus mengajak masyarakat menabung di Bank Sampah Berkah Karya dan galakan pemanfaatan sampah yang menjadi nilai ekonomi dan penyelamatan lingkungan.

“Kami mengajak masyarakat untuk terus menabung, manfaat yang dirasakan akan banyak dari tabungan sampah. Juga mengajak masyarakat menyelamatkan lingkungan dengan menjadi pengrajin dari bahan sampah atau limbah nanti BSBK yang akan menjadi market place nya” Ujar Sudibyo.

“Bukti keseriusan kami salah satu produk satu set kursi hasil pemanfaatan dari ban bekas kami beli dan akan kami promosikan sebagai salah satu produk unggulan dan pengrajin menjadi mitra Bank Sampah Berkah Karya” Imbuh Sudibyo.

Juadi Al Faruq salah satu peserta Lomba Kreasi Sampah mengaku senang dengan diadakan kegiatan seperti ini, menurutnya sangat membantu karena pengrajin ini memiliki keterbatasan dalam hal manajemen dan promosi.

“Kami senang ada kegiatan seperti ini, karena pengrajin seperti kami sangat terbantu. Kami mampu produksi tapi terkendala dalam hal pemasaran dan manajemennya. Mudah-mudahan kedepan bermitra dengan Bank Sampah Berkah Karya Omzet penjualan meningkat dan syukur-syukur dapat bantuan tambahan modal agar dapat melayani pasar” Ungkap Juadi.

Kegiatan Lomba Kreasi Sampah bertema Ubah Sampah Menjadi Berkah ini diikuti 27 peserta dan kelompok pengrajin, tak hanya Dewasa puluhan anak-anak turut berpartisipasi. Hadir Bhayangkari Polsek Babat Supat, Perangkat Desa Sukamaju, Tokoh Masyarakat dan Mahasiswa KKN Universitas PGRI Palembang turut dalam penjurian.

Kegiatan ini digelar di Kawasan Perkantoran Desa Sukamaju dan didukung Pemdes Sukamaju Babat Supat, Rumah Sosial Zakat Assyifa dan Musisi Sukamaju Project. (*)

Laporan: Iis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *