Untung: JKN Dapat Diakses di Luar Kota Faskes Terdaftar

PRABUMULIH, WN – Keberadaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan diyakini telah banyak membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan.

Untung Surapati (27) dan keluarga merupakan satu dari sekian keluarga di Indonesia yang beruntung telah terdaftar menjadi peserta Program JKN.

Terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2, dirinya dan keluarga terlindungi dari biaya pelayanan kesehatan yang cukup mahal ketika sakit dan berobat.

“Sudah merasakan manfaat menggunakan kartu JKN. Salah satunya saat itu saya yang memerlukan pelayanan kesehatan. Kondisinya saya sedang berada diluar kota/wilayah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, namun sebagai peserta JKN dapat mengakses layanan diluar FKTP terdaftar,” kata Untung.

Diakui Untung, jika selama mendapatkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan jaminan Program JKN sangat baik, tidak ada perbedaan pelayanan untuk pasien umum dan JKN.

Pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan diakuinya sangat baik, ditambah lagi dengan mengakses layanan online yang tidak mengharuskan peserta untuk datang ke kantor.

“Makin hari semakin baik pelayanannya, baik saat berobat maupun ketika mengurus administrasi BPJS Kesehatan. Kalau terkadang antre berobat ya itu masih wajar menurut saya, yang berobat pakai JKN hampir semuanya. Tapi selama sesuai prosedur dan sesuai hak kelas semua berjalan lancar,” ujar Untung.

Diyakini oleh Untung, menjadi peserta JKN tidak hanya membantu meringankan beban keluarganya saja, namun jutaan keluarga di luar sana juga merasakan manfaat dari program pemerintah ini.

Oleh karenanya, Untung mengaku tidak keberatan jika gajinya sebagai pekerja swasta dipotong sebagian untuk membayar iuran kepesertaannya agar tetap aktif.

Menurutnya, selain untuk melindungi diri dan anggota keluarganya, tapi juga membantu biaya peserta lain yang membutuhkan.

“Sakit itu kan datangnya tidak pasti, biaya berobat mahal. Tapi ketika ketika sudah memiliki kartu JKN dan aktif membayar, kita pasti mendapatkan jaminan kesehatan tanpa biaya lain. Kalaupun tidak sakit, tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh peserta lain. Sakit atau tidak sakit jadi lebih tenang tidak bingung biaya lagi. Akan lebih ringan membayar biaya kesehatan dengan membayar iuran JKN, sistem tabungan kalau saya bilang,” tegas Untung. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *