Tanisani Produksi Sabun Nanas Alami Khas Prabumilih

PRABUMULIH, WN – Belum banyak yang tahu bahwa buah nanas tak hanya enak dikonsumsi, baik sebagai buah segar ataupun diolah menjadi produk pangan turunan. Kandungan enzim bromelin, karotenoid, vitamin C dan flavonoid yang ada pada nanas sangat baik bagi kesehatan. Salah satunya bagi Kesehatan kulit.

Kandungan enzim bromelin dapat menghambat penuaan sel kulit. Kandungan flavonoid bersifat antioksidan, anti alergi, anti inflamasi, dan anti bakteri. Karena sederet keutamaan ini, saripati atau ekstrak nanas sangat cocok dijadikan sabun.

Prabumulih dikenal sebagai Kota Nanas. Pemanfaatan buah nanas ke bidang lain selain sebagai buah dan produk makanan belum banyak dikembangkan. Sementara gagasan inovasi produk hilir nanas menjadi salah satu prioritas program Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih. Inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Tanisani Projekt, sebuah usaha kreatif di bidang Kesehatan dan kecantikan untuk mengembangkan produk sabun batang berbahan saripati atau ekstrak nanas.

Produk sabun Batangan dengan merek Tanisani ini turut hadir menyemarakkan “Expo Media dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Memperingati Hari Pers”, bazaar yang digelar Pemkot Prabumulih di Islamic Center pada tanggal 4-6 Oktober 2022. Ada banyak jenis atau varian sabun yang mereka produksi. Salah satunya sabun berbahan ekstrak nanas.

Reka Agni Maharani, pendiri Tanisani Projekt dalam wawancara di sela-sela kegiatan pameran menjelaskan, “sabun dari ekstrak nanas ini memang menjadi salah satu unggulan kami. Idenya sederhana saja. Usaha Tanisani ini dirintis dan dikembangkan di Kota Prabumulih. Kota yang sangat identik dengan buah nanas. Jadi, kami terpanggil untuk menciptakan produk yang selaras dengan icon kota tempat Tanisani lahir.”

Sabun ekstrak nanas buatan Tanisani Projekt ini dibuat dengan menggunakan beragam bahan alami, di antaranya minyak kelapa murni, minyak sawit, zaitun, dan minyak biji tengkawang khas Indonesia. Selain sabun ektrak nanas, Tanisani juga memproduksi sabun dengan beragam varian; madu-kunyit, lidah buaya, kopi, dll, yang Sebagian besar bahannya didapat dari mitra-mitra local termasuk jaringan UMKM yang tersebar di Sumsel.

Berbicara pemasaran, sejauh ini pasar utama produk sabun Tanisani masih menyasar konsumen di luar kota. Bahkan luar pulau. Terutama, wilayah Jabodetabek. “Ceritanya, Panjang. Awal mula usaha artisan sabun ini memang sekadar hobi, sekaligus coba membuat untuk Ibu saya yang memang memiliki masalah kulit yang tidak sembuh-sembuh. Pas saya buatkan sabun sendiri, sekarang malah sudah tidak kambuh lagi masalah kulitnya. Lalu saya coba buat dan tawarkan ke orang-orang terdekat, ternyata mulai ada teman-teman lama di luar Prabumulih yang memesan. Lama-kelamaan pesanan dari jaringan pun lancar dan terus-menerus,” terang Reka yang didamping Salsa Nindya, Manager produksi dan inovasi produk Tanisani.

Akhirnya, usaha pembuatan sabun ini mulai diseriusi. Mulailah pemasaran dilakukan melalui marketplace online. “Untuk pasar lokal, tepatnya di Kota Prabumulih, kami baru akan memulai. Ceruknya sudah ada. Dan produk kita juga mulai mendapat sambutan dari banyak kalangan,” sambung Salsa. Ia mengaku sedang merancang strategi pemasaran untuk menjangkau konsumen Prabumulih.

Terkait pemasaran lokal ini, menurut Salsa, “Ini bukan sekadar supaya produk Tanisani laku terjual. Produk kami cocok untuk semua orang. Baik perempuan maupun laki-laki, orang tua maupun anak-anak, apalagi bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Kami ingin, salah satunya ayuk-ayuk atau para perempuan Prabumulih tidak hanya memiliki kulit cantik tetapi juga kulit yang sehat dengan menggunakan produk buatan lokal.”

Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih, Drs. Mulyadi Musa M.Si, ketika mengunjungi stan Tanisani mengajak warga Prabumulih untuk mendukung dan menggunakan produk-produk buatan buatan Prabumulih. “Salah satunya, sabun ekstrak nanas Tanisani ini,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *