Asisten Buka Uji Publik II Kajian Lingkungan Hidup Strategis

MUARA ENIM, WN – Pelaksana Harian Bupati Muara Enim, H. Nasrun Umar, SH, MM, yang diwakili Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Drs. Riswandar, membuka acara Uji Publik II Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Muara Enim tahun 2018 – 2023, di Ballroom Griya Serasan, Jumat (09/04/2021).

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim, Ir. Kurmin, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim, Camat se-Kabupaten Muara Enim atau yang mewakili dan Narasumber kegiatan ini yakni DR. RER. NAT. Risfidian Mohadi, M.Si.

Dalam sambutannya Asisten II mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim telah hampir tahapan demi tahapan dalam penyusunan KLHS perubahan RPJMD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023, setelah Uji Publik I KLHS dilakukan pada 9 Maret 2021,dan Sesuai amanat Undang – Undang Nomor 32 tahun 2009 bahwa KLHS merupakan kewajiban Pemerintah Daerah yang dijadikan instrumen untuk pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Bahwa dalam penyusunan RPJMD wajib dilakukan KLHS untuk memastikan bahwa pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam dan / atau kebijakan, rencana, dan / atau program pembangunan suatu wilayah.

Hal ini Perlu menjadi perhatian semua OPD bahwa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang sudah dianalisis pencapaiannya adalag tugas semua OPD dan akan terua dievaluasi setiap tahun dan setiap penyusunan RPJMD atau RPJMD perubahannya.
Asisten menegaskan bahwa harus optimis tugas  – tugas TPB tersebut dapat kita capai melalui program yang dituangkan dalam perubahan RPJD Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2023.

“Dengan waktu penyusunan yang sangat singkat ini, semoga penyusunan perubahan RPJMD dapat berjalan sesuai dengan direncanakan sehingga akhirnya program – program pembangunan dapat kita lanjutkan,” pungkas Asisten II. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *