Walikota Prabumulih Resmikan Louncing Aplikasi Smart City

PRABUMULIH, WN – Walikota Prabumulih H.Ir. Ridho Yahya MM resmi louncing aplikasi sekaligus penandatanganan MoU Smart City Kota Prabumulih, yang merupakan program andalan. Saat ini pengembangan dan penerapan program smart city di Kota Prabumulih terus menjadi program unggulan tahun 2021 untuk mengintegritaskan OPD hingga jajaran kelurahan sampai Desa sampai ke masyarakat.

”Program smart city menjadi salah satu solusi dimasa pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, ” Kata Walikota Prabumulih

Hal ini disampaikan oleh Walikota Prabumulih H.Ir.Ridho Yahya MM saat dibincangi awak media usai membuka louncing program smart ctiy sekaligus MoU yang dihadiri langsung oleh Kadin Kominfo Provinsi Sumsel H. Ahmad Rizwan Kadin Kominfo Mulyadi Musa M.si jajaran Forkompimda serta OPD Kota Prabumulih. bertempat di Gedung kesenian Rumah dinas Walikota, senin (01/03/2021)

Smart city area perkotaan yang menggunakan berbagai jenis sensor Internet untuk Segala atau Internet of Things (IoT) – merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. untuk mengumpulkan berbagai jenis data. Yang mana data tersebut akan dimanfaatkan sebagai wawasan untuk mengelola aset.

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM. menjelaskan konsep dari smart city dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat internet of things untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kota, hingga terhubung dengan masyarakat

Menurutnya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin berkembang bukan hanya untuk trend melainkan dapat membantu memudahkan kegiatan yang ada di masyarakat smart city.

“Untuk itu program ini benar-benar harus diterapkan di setiap dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Khususnya OPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat, seperti percepatan penguruasan Izin yang bisa dilakukan melalui sistem dari aplikasi smart city ini” Ungkap Walikota Prabumulih

Ridho mengatakan, semakin baik sistem yang di memiliki sistem akan memberikan manfaat bagi semua pihak. Program Smart City. Tentunya harus memiliki konsep latar belakang yang perlu segera menjadi aplikasi di Pemerintah Kota Prabumulih dan di sosialisasikan ke masyarakat.

“Teknologi yang diterapkan pada smart city dapat membuat kota lebih efektif dan efisien. Hal ini semakin diperlukan mengingat pertumbuhan penduduk perkotaan yang begitu cepat. Apalagi dimasa pandemi ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi kerumunan, karena kita tidak tahu kapan Covid akan Berakhir,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Mulyadi Musa MsI menambahakan, untuk menjalankan dan menunjang program smart city yang berbasis teknologi aplikasi itu pihaknya telah menyiapkan dua operator di setiap OPD. Merekalah yang akan bertugas untuk menjalankan program aplikasi tersebut dalam menghimpun atau mengumpulkan data yang dibutuhkan oleh masyarakat dan Pemkot Prabumulih.

”Sekarang tidak hanya OPD, operator program smart city ini juga telah disiapkan di tingkat kecamatan, kelurahan bahkan desa. Hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai kurang lebih 117 orang. Tentunya penerapan aplikasinya juga ditunjang dengan jaringan internet yang memadai,” jelasnya.

Mulyadi menyampaikan dengan konsep ini, pemerintah terkait bisa lebih mudah untuk terhubung dengan masyarakat, memantau infrastruktur dan fasilitas kota hingga peristiwa yang terjadi di wilayahnya secara real-time serta dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data yang sudah tersedia. Sebaliknya, masyarakat juga akan merasakan kemudahan dalam menjalankan aktivitas dan merasakan kedekatan dengan pemerintah.

“Kita ingin program ini benar-benar dimanfaatkan dan dijalankan oleh setiap OPD. Yang tujuannya tidak lain adalah meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan terhadap masyarakat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *