Gerak Cepat Pemerintah Kota Prabumulih Antisipasi Penyebaran Covid-19

WASPADA NEWS

PRABUMULIH – Sebagai langkah tanggap dan responsif mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona atau Covid-19, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengeluarkan surat perintah tugas kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian lingkup Setda dan Camat sekota Prabumulih.

Surat perintah tugas Walikota Prabumulih dengan nomor : 094 / 177 / SPT / 2020 menugaskan untuk melaksanakan monitoring penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Lurah dan Kepala Desa sesuai wilayahnya, dalam rangka penyeberan Corona Virus Disease 2019 di Kota Prabumulih.

Melakukan koordinasi dan pendampingan pelaksanaan penyemprotan masal disinfektan untuk percepatan, juga membantu tambahan cairan disinfektan, hand sprayer, dan Alat Pelindung Dini (APD) seperti sarung tangan, masker dan lain-lain, Kegitan itu akan diawasi langsung oleh Camat.

Penyemprotan dilakukan secara massal di seluruh Kota Nanas ini, khususnya di Fasilitas Umum (Fasum).

Upaya ini dilakukan karena virus corona kini berstatus pandemi global, sehingga sudah menjadi bencana non alam. Walikota mengimbau agar tugas dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Ridho Yahya mengatakan sesuai instruksi Presiden dan Gubernur untuk  mempersiapkan diri, khususnya berkaitan dengan virus corona yang terjadi saat ini. 

“Kita libatkan petugas dari OPD terkait untuk melakukan penyemprotan disinpektan, sebagai langkah membasmi Covid 19 telah meresahkan,” kata Ridho, rabu (25/03/2020).

Ditambahkannya, langkah lainnya mencegah Covid-19 yaitu cuci tangan pakai sabun (CTPS). Hal itu merupakan yang paling prinsip. “Marilah kita berdayakan masyarakat untuk mereka bisa mandiri di rumah, di sekolah, di tempat kerja dan di rumah ibadah untuk bisa melakukan prinsip yang paling utama yaitu cuci tangan pakai sabun,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk terus menyemprotkan disinfektan. Mengingat di Indonesia saat ini mengalami kelangkaan terhadap masker dan hand sanitizer. “Hanya dengan menggunakan sabun biasa saja dapat mencegah penularan Covid-19,” bebernya. 

Ia berharap, upaya penyemprotan disinfektan secara serentak ini dapat menenangkan warga akibat virus corona ini.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih Muhamad Ali melalui Kabid KIP Candra Pipit “Dinas Kominfo Pemerintah Kota Prabumulih telah mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Prabumulih,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Karang Raja Gunawan, mengajak berdoa bersama dan mengimbau untuk membiasakan pola hidup sehat.

“Kita sama-sama berdo’a agar supaya seluruh warga Kota Prabumulih umumnya dan terkhusus warga Kelurahan Karang Raja dijauhkan dari virus corona dan masyarakat agar membiasakan prilaku hidup sehat dimulai dari diri sendiri”, pungkasnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *